POP UP EDUCATION MEANS AS A PREVENTIVE EFFORTS LGBT DISTRIBUTION IN PRAPERTY CHILDREN IN INDONESIA
DI INDONESIA
Abstract
LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender) merupakan sebuah fenomena yang tengah marak di Indonesia. Fenomena tersebut dianggap bertentangan dengan nilai-nilai pancasila dan kepribadian serta jati diri bangsa Indonesia. Data Kemenkes pada tahun 2012, terdapat 1.095.970 pelaku LGBT baik yang tampak maupun tidak, lebih dari lima persennya mengidap HIV. Pergerakan LGBT tersebut dilakukan secara sistematis dan menyasar hampir semua kalangan umur. Penyebaran ide LGBT mulanya menyasar kaum intelektual, kemudian masuk ke wilayah kampus, lalu turun ke siswa-siswi SMA, dan kemudian merambah ke siswa-siswi SD. Anak-anak khususnya yang berada pada rentang prapubertas menjadi lebih rentan karena masih berada dalam masa kritis pembentukan konsep diri. Berdasarkan hal tersebut, diperlukan adanya upaya preventif yang ditujukan pada anak prapubertas untuk membentuk pemahaman yang benar sehingga dapat mencegah bertambahnya korban penyimpangan LGBT di Indonesia. Sarana edukasi melalui pop up dengan konten pengenalan organ reproduksi, ciri-ciri pubertas, pencegahan kekerasan termasuk seksual, dan informasi seputar kesehatan reproduksi yang diintegrasikan dengan pendekatan agama menjadi salah satu upaya preventif untuk mencegah penyimpangan LGBT pada anak prapubertas. Selain itu, keberadaan bidan sebagai pendamping selama siklus kehidupan perempuan juga memiliki peranan penting dalam memperkuat seorang perempuan sebagai ibu untuk senantiasa menanamkan pemahaman yang benar berkaitan dengan kesehatan reproduksi salah satunya dengan memanfaatkan sarana edukasi pop up pada anak prapubertas.
References
2. Alison, et al.2006. Keajaiban Otak Anak Mempelajari Benda, Bahasa dan Manusia. Diterjemahkan oleh Dian R. Basuki. Bandung : Mizan
3. Asih.2014. Identifikasi Kebutuhan Pendidikan Kesehatan Reproduksi pada Anak Usia Sekolah Prapubertas di kota Serang tahyn 2014.
4. Asror, Miftahul, 2013. Seks dalam Bingkai Islam. Jawara :Surabaya
5. Dewantari, A.A. 2014. Sekilas tentang Pop-up, Lift the Flap, dan Movable Book
6. Dzuanda. 2011. Design Pop-up Child Book Puppet Figures Series? Gatotkaca?.
7. Jurnal Library ITS Undergraduate
8. Eagly, A.H., Beall, A.E., & Sternberg, R.J. 2004. The Psychology of Gender. Nuw York: The Guilford Press.
9. DinaIndriana. 2008. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Jakarta : Diva Press
10. Haryani, Mulya, 2012. Dampak Pornografi Terhadap Perilaku Siswa dan Upaya Guru Pembimbing untuk Mengatasinya. Jurnal Ilmiah Konseling (Konselor) Volume 1 Nomer 1 Januari 2012.
11. Ika, Teresina. 2018. Perbedaan Efektifitas Buku pop-up dan Leaflet Pencegahan Diare terhadap Peningkatan Pengetahuan, Sikap, Persepsi, dan Niat untuk Bertindak pada Siswa Kelas 5 SDN Bulak Banteng Surabaya. Repository Universitas Airlangga.
12. Indah, Nur. 2016. Analisis Framing Berita Kasus SGRC UI (Support Group and Resource Center for Sexual Studies Universitas Indonesia) Terkait Iso LGBT (Lesbian,Gay, Bisexual dan Transgender) Pada Republika.co.id dan Tempo.co. Repository Universitas Airlangga.
13. Indrawati, Ni Ketut. 2013. Desain Buku Pop-Up dan Media Pendukungnya sebagai Pengenalan Pramuka untuk Remaja di Denpasar. Skripsi. Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia Denpasar
14. Kartono, Kartini. 2009. Psikologi Abnormal dan Abnormalitas Seksual. Bandung : Mandar Maju.
15. Kusuma, A.D. 2013. Perancangan Buku Pop-Up Cerita Rakyat Bledhug Kuwu. Skripsi. Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang.
16. Manalastas, E.J., Ojanen, T.T., Torre, B.A., Ratanashevorn, R., Hong, B.C.C., Kumaresan, V.,Veeramuthu, V. Homonegativity in southeast Asia: Attitudes toward lesbians and gay men in Indonesia, Malaysia, the Philippines, Singapore, Thailand, and Vietnam (2017) Asia-Pacific Social Science Review, 17 (1), pp. 25-33. Document Type: Article Source: Scopus.
17. Notoatmodjo, S. 2010. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta :Rineka Cipta
18. Notoatmodjo, S. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta : Rineka Cipta
19. Nuryani, Ita, 2011. Hubungan Keterpaparan Media Informasi Tentang Seks dengan Perilaku Seks Remaja Awal pada Siswa di SMP Semarang. Jurnal Dinamika Kebidanan vo;. 1 no. 2. Agustus 2011.
20. Oetomo, Dede. 2001. Memberi Suara pada yang Bisu. Yogyakarta: Pustaka Marwa.
21. Rina, Wahyuningsih. 2017. Gambaran Proses Coming Out pada pria yang menjadi wariatransgender) pada masa dewasa awal di Kota Surabaya. Skripsi.
22. Rita Eka Izzaty, dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta : UNY Press
23. Rokhmah, Dewi. 2017. Desertasi Studi Fenomenologi tentang Homoseks pada Laki-laki suka seks dengan laki-laki (LSL) di Kabupaten Jember. Repository Universitas Airlangga.
24. Romauli, S dan Vindari, A. 2011. Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta. Nuha Medika
25. Sarwono, S.W. (2012). Psikologi remaja. Jakarta : Rajawali Pers
26. Wawan Setiawan, Yudhitiya Dyah Sukmadewi. “PERAN PANCASILA PADA ERA GLOBALISASI” KAJIAN TERHADAP PANCASILA DAN FENOMENA LGBT (LESBIAN,GAY,BISEXUAL,TRANSGENDER) DI INDONESIA Jurnal Dinamika Sosial Budaya, Volume 19, Nomor 1, Juni 2017.
27. Wijayanti, Anin. 2016. Tesis Bimbingan Kelompok Client Centered tentang Pendidikan Seks Islami dalam Mencegah Perilaku Menyimpang Seksual pada Remaja Awal Perempuan (Studi di SDIT Permata Kota Mojokerto). Repositori Universitas Airlangga.
28. Yash. 2003. Transeksual ; Sebuah Studi Kasus Perkembangan Transeksual Perempuan ke Laki laki, Semarang: AINI.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Please find the rights and licenses in Jurnal Ilmiah Bidan (JIB). By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User/Public Rights
JIB's spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, JIB permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and JIB on distributing works in the journal and other media of publications. Unless otherwise stated, the authors are public entities as soon as their articles got published.
4. Rights of Authors
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights;
- Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
- The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
- The right to reproduce the article for own purposes,
- The right to self-archive the article (please read out deposit policy),
- The right to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal (Jurnal Ilmiah Bidan).
5. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JIB will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JIB will only communicate with the corresponding author.
6. Royalties
Being an open accessed journal and disseminating articles for free under the Creative Commons license term mentioned, author(s) aware that JIB entitles the author(s) to no royalties or other fees.
7. Miscellaneous
JIB will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JIB's editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.